Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

resolusi, perubahan, me&myworld
Me&MyWorld - Hayo kalian udah pada buat resolusi buat tahun (2018ini belom🤔? gak tau kenapa ya tiba-tiba gue kok kepingin bahas masalah resolusi😁, so... apa kalian udah punya resolusi buat kesehatan kalian di tahun ini🤔

Ya... kalian juga tau sendiri lah sekarang ni udah banyak berita-berita yg makin gak jelas terutama dari makanan ya (beras plastik, sayur plastik, telor palsu, dll😇), kalo kalian belom kepikiran, yuk sama-sama gw mau bahas tentang resolusi kesehatan yang mungkin aja nih ya😄 bisa kalian jadiin inspirasi buat hidup lebih sehat lagi di tahun ini 2018, dan gue harap bisa terus kalian lakuin ya😇.


Inspirasi resolusi untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia😊

1. Memperbanyak minum air

resolusi, perubahan,minum air putih, me&myworld
Nah... kalian jangan lupa tuk biasain minum air putih ya, gak usah nanya kenapa😁 kalian juga pasti tau kalo air itu sangat penting buat kesehatan tubuh kita ya kan😉, mulai dari mengatur suhu tubuh, memelihara kesehatan ginjal dan usus, menjaga kesehatan kulit, sampe mencegah kita dari yang namanya dehidrasi, sembelit, mulut kering, dan penyakit ginjal(wuih keren yak😎).

Kalian juga pasti udah sering denger nasehat (bukan dari dokter aja😋) yang nyuruh kita buat minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap harinya, yang setara sama 1,5 liter air  ya kan😏. Tapi kalian tau gak sih kalo takaran ini sebenarnya enggak pas🤔? (sok tau? bisa jg sih hehehe😁) tapi kalian boleh percaya ato gak ya😊, berdasarkan informasi yang gue dapet dari Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board dan juga Binus University yang menyatakan kalo wanita sebenarnya tuh perlu 2,6 liter air setiap hari lho dan bagi pria perlu lebih banyak air sekitar 3,7 liter setiap harinya😮.

Di jaman now, buat biasain diri untuk memperbanyak minum air putih, pastinya bisa dilakuin dengan banyak cara ya😉, contoh nih bawa botol minum sendiri (apalagi desain/model tempat minum sekarang unyu-unyu😀), atau bisa juga mengkonsumsi makanan pedas yang pasti bisa bikin kalian kepingin minum air terus😂.

Buat dapetin asupan cairan tubuh juga enggak harus dari air putih aja, ya.. walopun emang itu adalah pilihan terbaiknya ya kan😊, tapi buat kalian yang enggak begitu suka sama air putih, kalian juga bisa mengganti dengan minum infused water (air putih yang udah dikasih “perasa” entah dari potongan buah, sayur, sampe rempah-rempah😇), minum sup kaldu ayam, dan yang paling penting nih makan buah dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air😍.

2. Ngunyah makanan pelan-pelan

resolusi, perubahan,ngunyah makan pelan-pelan, me&myworld
Apapun yang kita makan pastinya ada dampak buat kesehatan kita kan😏, tapi kalo kepingin hidup sehat, udah pasti kita juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan juga seimbang ya😇. 

Terkadang nasehat orangTUA (maap di tebelin😂 kan gue masih muda😋) yang nyaranin kita supaya enggak boleh makan terlalu cepet ternyata ada gunanya juga lho buat kesehatan kita😊, (sok tau lagi? bisa jadi lagi hehehe😂) karna katanya nih kalo kita mengunyah makanan terlalu cepet itu bisa ningkatin risiko diabetes 2x lebih besar dari pada mereka yang ngunyah makanan pelan-pelan sampe lebih alus😎.

Walopun secara umum, ngunyah makanan pelan-pelan bisa lebih memberikan rasa kenyang dari pada makan terburu-buru (kok bisa🤔?), karena kalo kita makan terlalu cepet bisa buat sistem pencernaan gak punya waktu yang cukup buat kerja lebih optimal lho😬, terutama lagi nih pas ngasih respon kenyang abis makan😥, semakin cepet kita ngerasa laper, kita akan semakin rentan untuk nyari pelampiasan (ngemil makanan ringan yang gak bergizi😩).

Selain itu nih, penelitian yang udah dilakuin oleh Masaki Eto, MD, (profesor farmakologi dan kedokteran di Universitas Ohu Jepang), nemuin kalo kita ngunyah makanan terlalu cepet ternyata bisa bikin tubuh kita hanya sedikit melepaskan hormon glucagon-like peptide (GLP)-1 dan peptida YY (PYY)😵, katanya sih ke-2nya punya peran penting dalam pengaturan gula darah yang berkaitan erat sama resistensi insulin (😕hhmm... gak ngerti kan sama 😂 tanya sm mbah gugel aja ya).

3. Banyakin jalan kaki dan naik tangga

resolusi, perubahan,jalan kaki, naik tangga, me&myworld
Rutin olahraga ya😁, gak usah nanya lagi ya yang pasti jadi salah satu resolusi buat idup sehat😇, enggak usah aneh-aneh dulu buat memulai hidup aktif, apalagi kalo kalian belum pernah terbiasa ya gak😋.

Cukup biasain jalan kaki ya... 30 menit aja sehari, 10 menit sebelum kerja (contoh jalan ke stasiun atau halte bis), 10 menit abis makan siang, dan 10 menit terakhir slesai kerja😇, selain itu kalo bisa naek tangga aja dari pada lift atau eskalator, tanpa kita sadarin juga bisa membantu bikin tubuh kita lebih bugar lho😉.

Perubahan kecil yang udah kalian lakuin, menurut kardiolog John Hopkins, Chiadi E. Ndumele, M.D, M.H.S, bisa juga bikin tubuh kita tetap aktif walopun kita gak suka olahraga lho😎, selain itu juga ngurangin resiko penyakit kardiovaskular😮. Nah... kalo kalian udah mulai terbiasa nih, boleh lah buat perencanaan olahraga yang lebih wow lagi😁.

4. Tidur lebih teratur

resolusi, perubahan,tidur teratur, me&myworld
Punya pola tidur yang lebih teratur bisa ningkatin produktivitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan lho😮(buat anak warnet nih jng kebanyakan paket malem😂), karena kurang tidur juga berisiko memicu kegemukan, diabetes, hipertensi, dan (ini nih yg kagak enakin😂 ) bisa menurunkan gairah seks, memicu depresi, dan bikin kita lebih rentan kena penyakit jantung dan juga stroke😱.

Pada umumnya orang dewasa butuh tidur 7-8 jam tiap malam, maka dari itu nih coba perbaikin pola tidurnya ya😬, kalo bahasa dokternya nih sleep hygiene. jadi yang harus kalian lakuin nih kayak gini nih😋:

  • Kurangi-kurangin mengkonsumsi kafein pas mau tidur,
  • Hindarin ngerokok pas mau tidur,
  • Hindarin makan besar sebelum tidur, makan makanan berat, makan berlemak atau gorengan, makan yang pedas, buah sitrus, dan minuman berkarbonasi pas mau tidur kenapa? karena bisa memicu gangguan pencernaan yang bikin tidur kalian gak nyenyak (katanya ya😏 kalo gak percaya di coba aja😆),
  • Batasin waktu tidur siang, mending tidur siang cukup 15-3o menit aja kalo perlu, dan kalo bisa sebelum jam 3 sore ya😉.
  • Hindarin dari apa aja yang ngeganggu (Cahaya lampu, ponsel, atau posisi bantal yang salah) tidur kalian,
  • Buat kamar tidur kalian layaknya tempat yang ideal buat tidur, pastiin juga kamar tidur kalian agak gelap, sejuk, dan pastinya tenang.
  • Luangin waktu sebelum tidur kira-kira 90 menit sebelum tidur ya,
  • Usahain waktu tidur dan waktu bangun pas jam yang sama (kalo kayak kebo pasang alarm atau minta tolong bangunin😂).

5. Kurangin stres
resolusi, perubahan,stres, me&myworld
Bukan cuma kesehatan tubuh aja yang di perhatiin😅, ngejaga kesehatan mental juga sama pentingnya ya😁, gue yakin setiap orang pasti pernah ngalamin stres dalam idupnya😏, tapi jangan di biarin stres sampe menumpuk di pikiran kalian ya😇.

Katanya nih stres berat bisa juga dikaitin sama banyak masalah serius lho😥, mulai dari rambut rontok, penyakit gusi dan gigi, kenaikan berat badan, sampe memicu perkembangan gangguan jiwa (depresi, gangguan kecemasan, gangguan bipolar😱).

Eits tapi kalian tenang aja ada banyak cara sederhana kok yang bisa kalian lakuin buat ngelola stres😇, mulai dari meditasi, yoga, menulis, dengarin musik, baca buku, sampe menonton komedi buat ilangin beban pikiran kalian😇, bersyukur dan mendekatkan diri dengan Tuhan juga bisa jadi salah satu cara buat mengelola stres lho😍.


So... ingat ya, enggak ada kata terlambat buat semua itu😇, maap juga kalo artikelnya terlalu friendly kata-katanya, tp itu semua informasi beneran lho gak main-main😇, Yup... itu semua yang bisa gue infoin ke kalian, semoga informasinya masih tetep bermanfaat😇 and jangan lupa ya komennya dong buat masukkan ke gue 🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]